janies

janies
biarlah waktu yang menjawab

Sabtu, 09 November 2013

Pengalaman Baru Magang di "PUSSCAFE"

Pengalaman Baru Magang di "PUSSCAFFE"



 Assalamualaikum wr.wb.
Saya ingin berbagi cerita sedikit tentang Magang saya di Pusscafe yang didukung oleh IbK UNIMUS nie kawan....... 
Pertama kali magang di “Pusscafe” rasanya sesuatu banget. Soalnya yang punya Usaha masih umur 19 tahun,,,, hmmm masih muda . Tapi salut banget deh! ^_^
Untuk konsumen yang datang ke Pusscafe mayoritas para Remaja , ibu2 dan bapak2.  Pas pertama q magang ada konsumen yg complain masalah gorengan yang katanya sudah kadaluarsa.  Akan tetapi pemilik caffe mas Oda membantah bahwasanya gorengan tersebut masih enak dimakan dan tidak kadaluarsa karna disimpan di frezzer dalam suhu yg baik. 


Dalam menyiapkan menu hidangan saya selalu ramah dan sopan kepada konsumen.Disamping itu saya turut membantu didapur menyiapkan aneka pesanan khususnya makanan. Untuk minuman saya sengaja tidak membuatnya karna saya belum terlalu pintar untuk menyiapkan minuman ala Pusscafe, takut tidak sesuai dg pesanan konsumen . Untuk Es teh dan yang saya ketahui bisa saya buat sendiri. Karna kebetulan Mas Oda sendiri yg membuatnya , jadi minuman yg dibuat mas Oda lebih mantab daripada buatan saya.  ^_^


Untuk Hari ke-2 magang, saya mulai terbiasa dengan keadaan Pusscafe.  Tepatnya pas hari Kamis agak sepi pengunjung. Sambil lalu saya mengobrol dg Mas Oda dan ditemani secangkir teh panas manis.  Mas oda menjelaskan tentang awal berdirinya Pusscafe hingga sekarang. Ceritanya lumayan panjang, mungkin kalau saya jelaskan disini tidak akan selesai.... ^_^ Yang jelas Pusscafe kalau pas lagi sepi pengunjung Mas Oda tidak panik dan bingung, malah dibuat enjoy be happy.

Kata Mas Oda untuk berdirinya Pusscafe awal mulanya pas tanggal 22 Dec 2012 , pas hari Ibu lho!!! Mas Oda dan tujuh ( 7 ) orang temannya berinisiatif untuk membuat peluang usaha dg membuka usaha yg bernama “Pusscafe “.

 Hari ke-3 Magang pas malam minggu nie,,,, Rame banget!!! Banyak pengunjung welcome to Pusscafe.... Mas Oda happy bercampur super sibuk deh pokoknya. J

Didapur saya  membantu masak jamur crispy, kentang goreng, omlette, bawal penyet, dll..... Gag ketinggalan nie ayam betutunya khas bumbu bali ...  Kebetulan pegawai Cuma satu dan itupun Cuma bantu openingnya aja. Tapi kadang2 juga sampe full closing bantuinnya . Soalnya Pegawainya lagi sekolah SMP mau persiapan buat ujian .  Saya dan partner magang saya si Asih keteteran pas malam minggu rame banget.  Kebetulan Bu Ayu datang ke Pusscafe sama anaknya, trus Omnya mas Oda juga ke Pusscafe . Wah jadi kayak acara keluarga tuh! Heheheh.....

Pas pertama kali buat Ayam betutu  saya kira tuh rumit bikinnya. Eh ternyata bumbunya sudah jadi dan Persediaan Ayam ada di Frezzer.....  Sedangkan untuk keuangan di handle Mas Oda dan adiknya Mas oda , namanya Fika.  Sedikit capek tapi asyik magangnya. ^_^

Hari ke -4 magang , saya mengobservasi manajemen produksi Pusscafe. Untuk menu makanan sendiri proses bahan-bahannya dari mentah menjadi mateng itu memproduksi sendiri. Semua bahan-bahan mentah pembeliannya di pasar Pedurungan. Kemudian untuk proses pengolahan seperti jamur crispy , gorengan,dll dibuat mateng lalu dimasukkan ke dalam frezzer . Bila nanti ada yg pesan bisa langsung di goreng dg cepat. :)

Hari ke-5 Magang , saya mengamati dibagian Manajemen Keuangan dan SDM.
Untuk keuangan sendiri kata Mas oda Omzet per bulan bisa mencapai 10-15 jt.
Kebetulan adiknya Mas Oda dan Mas oda yg menghandle keuangan alias jadi kasir. Peran orangtua dan kakak Mas Oda pun ikut membantu kok. Karna bisnis UKM yg bernama “Pusscafe” seperti Bisnis Keluarga. ^_^

Untuk SDM hanya ada satu pegawai aja. Mas Oda bilang cari pegawai tuh susah mbak...... hmmmm....Berarti menurut penilaian saya SDM pegawai di Pusscafe belum maksimal . Karna sulitnya mencari pegawai.

 Hari selanjutnya Magang saya mengobservasi bagian Pemasaran dan Branding. Untuk yang kesekian kalinya di “Pusscafe” sistem Pemasarannya Made by Order dan Penjualan langsung di Kedai Pusscafe . Jadi selain menyiapkan hidangan langsung di caffe , Pusscafe juga menerima pemesan catering jika ada orderan .  Selain itu Mas Oda  juga memasarkan lewat online seperti BBM, FB, TWITER , Blog dan jejaring internet. Katanya sih masih dilingkup daerah Semarang aja. Tapi yang saya salut nih, di usia yang masih muda Mas Oda sudah bisa buka Usaha sendiri. TOP Begete banget deh pokoknya! J

Sedangkan untuk Branding nya Mas Oda bekerjasama dg teman-temannya yg pintar desain grafis. Yang jelas kata Mas Oda nih ya..... kalo kita baik sama temen-temen kita nanti kita akan dibaiki jg sama temen2 kita. Ibarat kata saling membantu sesama teman. 

Pengalaman magang saya selama di Pusscaffe bener-bener asyik dan begitu banyak ilmu yang saya dapat disitu . Puji syukur saya ucapkan kepada TIM IbK UNIMUS atas didikannya selama ini yang begitu banyak ilmu yang saya peroleh. InsyaAllah saya kedepannya akan jadi Pengusaha yang Mandiri sebelum jadi Sarjana... Amien....Semangat!Semangat!







1 komentar: